Kamis, 15 Maret 2018

Asal usul dari biola


Biola diantaranya salah satu jenis dari kelompok Violin, yang terdiri dari: Biola kecil, biola menengah, biola besar serta biola-bass, perbedaannya berada terhadap ukurannya, namun metode berbunyi serta metode resonansinya setara. Biola dimainkan dengan metode digesek, terhadap lazimnya disebut: alat musik gesek/senar-busur. Asal usul alat musik gesek diantaranya cukup lama di dalam sejarah umat manusia, seiring dengan penyebaran kebudayaan serta pergantian sejarah, oleh pasal itu di wilayah lain hal posibilitas terkandung sebutan lain hal buat satu alat musik yang sama, atau dapat saja sesuatu sebutan yang setara tetapi yang dimaksud alat musik berbeda, perlahan-lahan seiring dengan pada waktu endemiknya tersebutkan sudah berkembang menjadi alat musik yang beraneka-ragam. penyakit talasemia

KELAHIRAN
Asal muasal alat instrument ini dari dataran spanyol-mauris di abad 8. setelah itu berkembang di abad 16 dengan alat musik yang dinamakan Rebec (sekarang dipakai di Arab, di Indonesia Rebab – alat musik gesek dengan 2-3 senar) serta Fidel (alat musik gesek dengan 5 sampai 7 senar) Alat musik gesek Biola pertama kali diperkenalkan di Itali, kotaTurin terhadap tahun 1523. Bentuk biola tersebut dipajang dalam bentuk patung atau skulptur “malaikat kecil bermain biola” di sesuatu gereja di Vercelli. Biola pertama itu terdiri dari 3 senar Sejak tahun 1540 biola memiliki 4 senar dengan bentuk yang tak terlampau lain hal dengan biola sekarang. Jenis biola tersebut berasal dari area Itali area atas. Oleh pasal itu pembuat biola yang populer ialah dari Itali, layaknya Andrea Amati, Nicola Amati, Gasparo da Salò, Guarnerius del Gesu, Antonio Stradivari. Biola2 dulu yang telah selesai dibuat, dimanfaatkan kini menjadi Biola Barok. serta dari ketika tahun 1950 menjadi makin banyak serta dipakai buat pertunjukkan “Musik jaman Barok” (Alte Musik), yang suaranya disesuaikan dengan jaman abad 17 serta 18
Berjalannya dengan masa bentuk biola merasakan sebagian pergantian dengan sebab mengapa buat mendevelop nilai mutu suaranya. Bentuk biola di abad 19 memiliki leher biola serta senar yg lebih panjang,punya balkon bass yg lebih kuat, sehingga bikin suaranya lebih kuat serta lebih indah. disamping itu Bow biola juga merasakan pergantian bentuk menjadi lebih lurus, tak terlampau bengkok layaknya bow jaman barok. Fungsinya yaitu mempertinggi volume sehingga dapat bermain keras di ruang Aula yang besar. jelas jelas pembuat biola yang paling populer serta yang menjadi patokan pembuat2 biola yang lain ialah Stradivarius. tetapi ia serta pembuat biola lainnya juga mengikuti pergantian bentuk biola tersebut didasarkan sebab mengapa yang amat memberi efek utk pernyebaran suara biola. efek tersebut berasal dari Perancis, yaitu Jean Baptiste Vuillaume
Dan rujukan oleh catatan langka bangsa Aria di India, terhadap 5000. tahun yang lampau, raja Ravana dari negara Sri kuno sudah mencipta alat musik yang memakaikan senar-busur, yakni Ravanastron, setelah itu Ravanastron menyebar ke Afghanistan serta Persia, terhadap awal abad ke 1, semasa zaman kerajaan Da Yue Shi di Afghanistan, bentuk instrument musik itu berubah menjadi bentuk Pipa (alat musik petik dari Tiongkok), papan atasnya datar, punggungnya berasal dari kayu utuh yang dipahat cekung, agak halus, nada serta resonansinya agak besar. terhadap abad ke 7 menyebar ke wilayah Arab serta sewaktu zaman keemasan Islam namanya diganti menjadi Rebab
PENYEBARAN KE EROPA

Sekitar abad ke 8, seiring dengan perluasan efek Islam, Rebab masuk ke Spanyol, kala itu Spanyol dibawah kekuasaan dinasti Aragon, orang Spanyol menyebut instrument tersebut sebagai Rebec atau Rebeca. Dalam masa berserentakan juga memasuki Roma, Yunani, Eropa Timur serta Italia
Pada abad pertengahan di Eropa, wilayah pernyebaran alat musik gesek adalah Italia, Jerman serta Perancis, walaupun asal usul alat musik gesek bukan di Eropa, tapi sudah dibesarkan serta berjaya di Eropa. Alat musik gesek yang mula-mula masuk ke Eropa terdiri dari 2 macam yakni: Pegangan vertical serta Pegangan di atas lengan
Biola dengan pegangan vertical ialah metode penyajian awal dari alat musik gesek, semenjak awal Rebab-Arab sampai ke Rebeca, hingga sehabis ratusan tahun pergantian dari Rebeca menjadi Viol, semuanya dimainkan dengan vertical, sampai dengan abad ke 18 digantikan dengan kepopuleran Biola. Namun metode pegangan vertical sampai kini bisa dipertahankan terhadap alat musik beragam daerah, misalnya: Hu Qin (baca: Hu Jin) dari Tiongkok, Gadulka dari Eropa Timur, Sarangi serta Sardi dari India, Morinchur dari Mongolia dll
Biola dengan metode pegang di atas lengan dimainkan dengan meletakkan Rebeca di atas punggung tangan atau dijepit di bawah rahang, posibilitas terpengaruh oleh Lyra dari Mesir, juga disebabkan dampak efek pementasan keliling penyair gelandangan Eropa dengan seniman nomad, itulah pionir/bentuk awal dari biola modern
Viol timbul lebih dulu 1 abad dibandingkan Biola, pasal ia pegangan vertical, tersebutkan ia bukanlah bentuk awal Biola, setelah itu kedua alat musik itu eksis bersama-sama sepanjang 2 abad. Suara Viol jelas serta manis, lembut serta elegan, itulah sebabnya kebiasaannya dimainkan di forum high society, layaknya di dalam istana; sementara volume Biola agak besar, suaranya brilian serta indah, dapat dimainkan antara tahap kuat serta lemah, tersebutkan itu lebih sesuai dengan forum yang luas, layaknya assembly serta ball room-hotel dll. setelah itu terhadap sekitar abad ke 17 (th 1650), jelas Biola lebih disukai oleh dunia, keperluan serta posisi Biola semenjak saat itu melampaui Viol
KELAHIRAN BIOLA

Di bawah pertukaran serta hantaman budaya, Biola kekinian paling awal timbul terhadap abad ke 16 (sekitar th 1520) di Italia-utara, abad 16 ialah saat-saat tergemilang dari zaman Renaissance, dengan latar belakang Renaissance, lambat laun Biola mengarah ke bentuk kekinian kini ini, pembuatannya halus, proses/teknologi designnya sesuai dengan teknologi serta prinsip estetika, terlebih lagi suaranya yang indah serta nyaring, kuat dan lincah menonjolkan ciri alat musik zaman sekarang

Kemudian ditambah lagi dengan ditumbuh-kembangkan oleh Cremona serta 3 clan pembuat biola paling populer dari Cremona yakni:, Amati, Stradivari serta Guarneri, hingga sekarang biola buatan mereka masih saja menjadi barang rebutan kolektor modern, dewasa ini masih diakui sebagai biola terbaik di dunia

Pembuat biola zaman kekinian banyak yang giat mengupayakan perombakan serta pembaharuan, namun senantiasa saja tidak dapat melebihi rancangan generasi pendahulu, meski terkandung sebanyak style pribadi maupun pergantian mini, akan tapi tetap tidak dapat lepas dari pola semula, itulah sebabnya adanya yang beranggapan, biola ialah item yang telah maksimal di dalam sejarah teknologi umat manusia
Teknik permainan serta kedudukan biola terhadap akhir abad ke 16 belum mencapai puncaknya, bagaimanapun pernyebaran alat musik mengikuti serta saling mengisi dengan pemain serta komponis. terhadap waktu pertengahan abad ke 17, para komponis mulai khusus memperhatikan suatu bentuk musik buat pertunjukan tertentu, layaknya musik biola atau musik akustik, tersebutkan secara perlahan biola menukar peran viol
Komponis Italia, Monteverdi secara resmi memasukkan biola ke dalam pertunjukannya, serta sudah menciptakan banyak metoda bermain biola, menghasilkan lebih kaya lagi nada serta suara biola. Marini sudah menulis banyak musik solo buat biola. sementara Corelli yang dikatakan sebagai “Bapak metoda biola modern”, ialah seorang pakar pertunjukan professional juga ialah seorang komponis, ia mulai mencipta sonata gaya biola serta 12 buah konser besar philharmonic orchestra (konser besar ialah bentuk awal dari konser). pasal sudah hadir para komponis layaknya tersebut diatas yang bikin pernyebaran serta posisi biola sudah maju dengan langkah besar, juga sudah memberi efek komponis dari aliran antik seperti: Bach, Georg Friedrich Händel, Mozart dll. terhadap zaman Barocco pasal kemajuan musik biola, musiknya lambat laun lepas dari metode pementasan musik akustik gereja serta terbentuklah pertunjukan musik dalam ruang. Sampai zaman akhir Barocco, skala bentuk orkestra serta kerumitannya makin bertambah, serta metoda pertunjukan alat musik juga makin lama makin rumit serta beraneka ragam. metoda biola juga terhadap awal abad ke 19 diangkut ke puncaknya oleh pakar biola Italia, Paganini
MASUK KE TIONGKOK

Ravanastron yang disebut-sebut terhadap awal tulisan ini, (pada awalnya) belum juga menyebar ke Tiongkok, adanya yang masuk ke India menjadi “Ke Jia Kum”, akhirnya terhadap abad ke 13 baru masuk ke Tiongkok, itu ialah Hu Qin-ekor kuda dari zaman dinasti Song. Sesudah lewat 400 tahun, biola kekinian baru seiring dengan masuknya misionaris serta pedagang terhadap zaman dinasti Qing (baca: Ching) masuk ke Tiongkok. Penyebaran awal biola cuma terbatas terhadap aktivitas misionaris di dalam istana, sehabis perang Candu, biola baru melewati sebanyak besar misionaris berikut orang bule merembes ke masyarakat Tiongkok, gereja serta sekolah seminari berbondong-bondong mendirikan kelompok musik philharmonic orchestra serta sudah mendidik serta membina banyak personil musik ala barat. Sampai tahun 1927 tuan Cai Yuanpei serta Xiao Yumei di Shanghai mendirikan musik centre negeri, ini ialah sekolah musik status tinggi yang dibangun paling awal di Tiongkok, serta semenjak itu sudah dimulai sendiri pendidikan personil pertunjukan