Kamis, 14 Maret 2019

Tips Mengatasi Anak Malas ke Sekolah

Tips Mengatasi Anak Malas ke Sekolah - Terkadang orang tua hanya menyerahkan anak-anak mereka di sekolah. Percayalah bahwa di sekolah dia baik-baik saja. Bahkan, orang tua terkadang tidak tahu apa yang dilakukan anak-anak di sekolah. Pernahkah Anda berhadapan dengan anak yang malas ketika disuruh pergi ke sekolah? Nah, 9 tips ini akan membantu Ibu mengatasi anak-anak malas untuk pergi ke sekolah.

Mungkin kadang-kadang orang tua marah ketika mereka tidak berhasil membujuk anak-anak mereka untuk pergi ke sekolah. Tapi ada baiknya, sebelum menuduh segala macam hal untuk anak, Ibu harus mencari tahu dulu apa yang menyebabkan anak berperilaku seperti itu. Menurut Marjory Phillips, seorang psikolog klinis di Child Development Institute di Toronto, meskipun orang tua terkadang frustrasi menghadapi anak-anak yang malas di sekolah, orang tua harus tetap tenang dan berempati terhadap anak-anak.

"Jangan bilang, 'ayo pergi, aku akan terlambat kerja' karena itu hanya membuat anak lebih tidak nyaman. Lebih baik mengatakan 'sepertinya kamu punya masalah pagi ini, apakah ada yang salah di sekolah?' Kata Marjory seperti dilansir orang tua hari ini.

Ini tips mengatasi anak yang malas ke sekolah. Semoga bisa membantu ya, Bun.

1. Periksa secara fisik

Jika anak mengeluh gejala fisik, Anda dapat membawanya ke dokter untuk diperiksa. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sebaliknya Sang Ibu terus menganggap lebih baik bertindak cepat, sehingga tidak ada penyesalan nanti.

2. Bicaralah dengan anak-anak dengan baik

Bicara tentang apa yang mengganggunya, dan bujuk dia untuk kembali ke sekolah. Namun, ingatlah bahwa beberapa anak tidak dapat menggambarkan apa yang mengganggu mereka. Jangan memaksakan percakapan jika tidak ada hasil. Pesan paling penting untuk disampaikan adalah bahwa Ibu yakin bahwa anak-anak dapat mengatasi masalah ini, dan ada untuk membantu melewatinya.


3. Jangan memberi kuliah

Hindari diskusi dan debat panjang tentang pentingnya pergi ke sekolah. Memberi kuliah tidak akan ada gunanya, itu akan memperburuk keadaan. Semua perhatian terutama perhatian negatif tidak akan membuat masalah selesai.

4. Cobalah menjadi detektif

Cari sebab ketika anak mengeluh sakit dan tidak ingin pergi ke sekolah. Apakah dia menderita sakit perut atau perut? Apakah anak-anak memiliki banyak hal untuk dikeluhkan? Jadilah objektif dan coba menjadi detektif. Lakukan ini dengan cara yang baik dan tidak menuduh. Cari petunjuk tentang apa yang menyebabkan anak-anak menghindari sekolah.

5. Temui guru di sekolah

Orang tua harus bertemu dengan guru atau penasihat sekolah, terutama jika masalahnya cukup besar. Ini juga bertujuan untuk menunjukkan kepada sekolah bahwa orang tua terlibat dan berkomitmen untuk memecahkan masalah.